Apa saja yang perlu diketahui dari debat cawapres kedua 2024 tentang lingkungan, energi, masyarakat adat dan pangan?

Debat calon wakil presiden (cawapres) kedua akan diselenggarakan pada Minggu (21/01). Para pengamat menilai ketiga cawapres perlu membuktikan keseriusan mereka dalam menangani isu perubahan iklim, hilirisasi, perlindungan masyarakat adat dan kesejahteraan petani.

Direktur Eksekutif Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Raynaldo Sembiring, mengatakan bahwa para kandidat perlu menjelaskan isu-isu strategis apa saja yang menjadi prioritas bagi mereka terkait lingkungan hidup, energi dan sumber daya alam.

“Jadi bukan hanya lip service dan bukan cuma jargon dan hanya berfungsi atau menghadang atau membuat kandidat lain tidak bisa menjawab,“ ungkap Raynaldo kepada BBC News Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa debat cawapres kedua menjadi krusial karena tema-tema yang dibawa merupakan isu yang membawa dampak lintas generasi dan akan membantu para pemilih muda menentukan pilihan.

“Itu jadi perhatian untuk pemilih-pemilih pemula. Jadi mereka harus mampu menarasikan isu-isu strategisnya yang menjadi prioritas dan bagaimana menjalankannya itu,” kata Raynaldo.

Lantas, apa saja topik yang perlu dibahas dalam debat cawapres kedua 2024 dan seperti apa komitmen para capres-cawapres?

Apa saja tema debat cawapres kedua?

Debat keempat Pilpres 2024 sekaligus debat kedua cawapres akan mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Dalam debat ini, cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri.

Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres.

Berdasarkan konferensi pers Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Jumat (19/01), debat kedua cawapres akan dilaksanakan pada Minggu (21/01) pukul 19:00 WIB malam di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat.

Baca Juga  Hasil Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Imbang Lawan Real Betis, Rawan Kena Gusur Girona di Puncak

Seperti apa format debat cawapres kedua?

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz mengatakan, format maupun urutan segmen debat keempat tidak mengalami perubahan.

Debat akan dilaksanakan dalam enam segmen yang berlangsung selama 150 menit dan sudah termasuk jeda iklan.

Sebelumnya, August mengingatkan agar moderator debat menertibkan cawapres yang berbicara di luar waktu gilirannya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *