Contoh Teks Khutbah Jumat: Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam

TRIBUNNEWS.COM – Berikut contoh teks khutbah Jumat yang cocok dibawakan pada masa menjelang Pemilihan Umum (Pemilu)

Contoh teks khutbah Jumat ini berjudul Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam.

Dalam contoh teks khutbah Jumat ini memuat materi terkait menjadi pemilih yang bijak dalam memberikan hak suaranya.

Pasalnya, masyarakat Indonesia akan melaksanakan Pemilu serentak pada 14 Februari 2024.

Pada momen tersebut masyarakat akan melakukan pemungutan suara untuk memilih sosok calon pemimpin masa depan.

Lebih lengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman UIN Sunan Gunung Djati Bandung berikut ini:

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat: Pentingnya Intropeksi Diri di Akhir Tahun

Khutbah Pertama

الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى; يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَاٰمِنُوْا بِرَسُوْلِهٖ يُؤْتِكُمْ كِفْلَيْنِ مِنْ رَّحْمَتِهٖ وَيَجْعَلْ لَّكُمْ نُوْرًا تَمْشُوْنَ بِهٖ وَيَغْفِرْ لَكُمْۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌۙ

Hadirin jamaah Jumat yang dimulia kan Allah, SWT

Marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah ‘azza wajalla karena pada siang hari ini kita masih diberikan karunia untuk melakukan salat jumat secara berjamaah. Ini adalah bukti ketaatan kita kepada Allah ‘azza wajalla. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi akhir zaman dan penutup para Nabi yang juga menjadi pembuka pintu surga pertama kali, yaitu nabi kita Muhammad SAW, begitu pula kepada para sahabat, para tabi’in, serta kepada setiap orang yang mengikuti para salafush shalih dengan baik hingga akhir zaman. Khatib pesankan kepada diri pribadi dan jamaah sekalian untuk selalu dan senantiasa melazimi ketakwaan kepada Allah ‘azza wajalla dengan cara menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.

Baca Juga  Berita Foto : Polisi AS Tangkapi Mahasiswa Pendukung Palestina, Tuduh Sebarkan Anti Semit

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Ali Imran: 102).

Hadirin jamaah Jumat yang dimuliakan Allah, SWT

Dipahami pemilu sudah didepan mata berbagai media telah ramai membicarakan para calon idamannya, itu masing mending. Lebih parahnya lagi menyudutkan calon pasangan yang tidak setuju dibenaknya, hal itu serasanya tidak adil, apabila kita hanya terus menerus membicarakan bagaimana akhlak pemimpin/calon pemimpin saja?. Pada khutbah kali ini, izinkan khatib akan menyampaikan materi khutbah berjudul: bagaimana “Akhlak Pemilih yang Baik dalam Islam”?.

Hal ini penting untuk disampaikan agar kita bisa menjadi seorang yang bijak dan tepat dalam memilih pemimpin yang akan menjadi sosok penentu kebijakan. Dalam hal ini, Islam memberikan rambu-rambu dan etika dalam memilih calon pemimpin. Pasalnya, seorang pemimpin memiliki peran yang sangat besar dalam kehidupan umat dan warga masyarakat.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *