Kemenperin Dorong Kosmetik Lokal Bersaing dengan Merek Global Melalui Cosmetic Day 2023

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destrawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Stylo Indonesia menggelar Cosmetic Day 2023. Menyuguhkan bagaimana kosmetik lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan merek global.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Industri Aneka dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kimia Sandang dan Kerajinan Kemenperin Ni Nyoman Ambareny mengatakan, pasar kosmetik kini banyak digandrungi oleh gen z dan milenial. Karena itu, merek lokal, terutama IKM perlu meningkatkan kualitas dan gencar promosi.

“Dari IKM butuh peningkatan kualitas, lalu branding-nya. Promosi dengan menggunakan kerja sama influencer. Untuk IKM yang belum mampu karena mahal, butuh kerja sama,” ujar Ambareny di Jakarta, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: Pengamat: Orientasi Industri Kosmetik Indonesia Salah Arah

Kemenperin melakukan pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), fasilitasi izin edar produk, fasilitasi mesin dan peralatan, promosi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, penerapan Industri 4.0, penguatan branding produk kosmetik, restrukturasi mesin dan peralatan, hingga pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

“Acara Cosmetic Day diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik nasional, khususnya yang memanfaatkan bahan baku lokal,” terang Ambareny.

Head of Creative Program Cosmetic Day 2023 serta Founder & Head of Stylo Indonesia, Idho Nugroho, yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, kerja sama diharapkan dapat meningkatkan perkembangan industri kecantikan lokal.

“Mewakili Stylo Indonesia serta Grid Network – Kompas Gramedia, kami merasa bangga bisa berkolaborasi bersama Ditjen IKMA Kementerian Perindustrian,” tambahnya.

Idho menyampaikan, 50 persen IKM yang berpartisipasi di Cosmetic Day sudah memahami pentingnya membuat kemasan yang menarik. Hal tersebut dirasa penting untuk memenuhi standar visualisasi yang menarik bagi gen z dan milenial.

Baca Juga  Jus Jambu Bisa Tingkatkan Trombosit Pada Penderita Demam Berdarah? Cek Faktanya

“Selain kualitas bagus, tapi packaging (kemasan) juga harus bagus. Kemudian, kandungan-kandungan yang ada juga harus meningkatkan kualitas,” tutur Idho.

Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia selaku media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia menggelar Acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *