Survei BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat di Kuartal III 2023

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang diselenggarakan Bank Indonesia mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha pada kuartal III-2023 tetap kuat.

Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 15,65 persen.

“Kinerja kegiatan usaha yang tetap kuat didukung oleh kinerja beberapa Lapangan Usaha (LU) yang meningkat,” ujar Kepala Departemen Komunikasi, BI Erwin Haryono, Jumat (13/8/2023).

Beberapa LU tersebut termasuk LU Pertambangan dan Penggalian karena faktor musiman, LU Industri Pengolahan didukung oleh permintaan yang masih terjaga, serta LU Konstruksi seiring masih berlangsungnya proyek domestik.

“Sejalan dengan kinerja kegiatan dunia usaha yang kuat kapasitas produksi terpakai pada kuartal III-2023 tercatat sebesar 75,17 persen. Angka itu meningkat dari 74,88 persen pada kuartal sebelumnya,” terang Erwin.

Sementara itu, untuk penggunaan tenaga kerja tercatat tetap berada dalam fase ekspansi meski melambat. Dan kondisi keuangan dunia usaha secara umum juga tetap dalam kondisi baik, meski tidak setinggi kuartal sebelumnya.

“Pada kuartal IV-2023, responden memprakirakan kegiatan usaha masih tumbuh kuat dengan SBT sebesar 13,08 persen,” ujarnya.

Baca juga: Ekonom Prediksi Kurs Rupiah Hingga Akhir 2023 Sundul ke Rp 15.400

Erwin menerangkan, kegiatan usaha yang tetap kuat diprakirakan terjadi pada LU Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Motor, LU Transportasi dan Pergudangan, serta LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

Baca juga: BI Masih Pede Inflasi September 2023 di Kisaran 3 Persen Meski Harga Beras Kini Meroket

“Didorong permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru,” imbuh Erwin.

Baca Juga  Arus Mudik: Kendaraan yang Mampir ke 3 Rest Area Favorit di Jalan Tol Ini Melonjak Hingga 300 Persen



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *