Video Terverifikasi, Israel Serang Konvoi Pengungsi Gaza, Anak-anak dan Perempuan Terbunuh

Video Terkonfirmasi, Israel Serang Konvoi Pengungsi Gaza, Anak-anak dan Perempuan Terbunuh

TRIBUNNEWS.COM – Sejumlah media internasional mengonfirmasi video yang menunjukkan warga sipil terbunuh ketika mereka mengungsi menggunakan ‘jalur evakuasi’ yang ditentukan Israel¬† di Gaza, Sabtu (14/10/2023).

Sebelumnya, Israel sempat menyatakan tidak akan menyerang jalur evakuasi saat mereka memerintahkan lebih dari satu juta penduduk untuk meninggalkan Gaza utara.

IDF, militer Israel juga mendesak warga sipil untuk menentang perintah Hamas yang meminta warga untuk tetap tinggal jika mereka ingin aman.

Baca juga: Hamas: Israel Serang Konvoi Warga yang Mengungsi ke Luar dari Gaza

Namun pada faktanya, Israel membunuh banyak dari mereka dalam serangan udara pada Jumat malam waktu setempat, menurut video dari lokasi kejadian yang kini telah diverifikasi oleh beberapa media internasional.

Hamas, organisasi perjuangan Palestina yang menguasai Jalur Gaza, mengklaim sebanyak 70 orang tewas dalam insiden tersebut.

Angka tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen, namun fakta kalau warga sipil terbunuh tidak lagi bisa diperdebatkan.

Di sepanjang salah satu rute evakuasi yang ditentukan juga oleh Israel, BBC mengkonfirmasi video tersebut.

Video menunjukkan setidaknya selusin mayat di samping konvoi warga sipil yang diserang.

“Mereka sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, beberapa di antaranya tampak berusia dua hingga lima tahun,” tulis laporan BBC.

Video dari lokasi kejadian juga diverifikasi oleh CNN, yang mencatat sejumlah anak-anak termasuk di antara sejumlah mayat dalam “adegan kehancuran yang mengerikan”.

Baca juga: Israel Lancarkan Serangan Darat Pertama ke Gaza, Unit Depan Temukan Hal Ini

Warga Palestina yang membawa barang-barang mereka melarikan diri ke daerah yang lebih aman di Kota Gaza setelah serangan udara Israel, pada 13 Oktober 2023 (Mahmud Hams / AFP)

The Washington Post juga memverifikasi video tersebut, yang menunjukkan mayat, termasuk beberapa anak, berserakan di sepanjang jalan ketika asap hitam mengepul dari kendaraan yang dilalap api.

Baca Juga  7 Mei Memperingati Hari Perjanjian Roem Royen, Ini Latar Belakang Terjadinya Perjanjian Roem Royen

Dalam pernyataannya kepada Insider, Pasukan Pertahanan Israel mengatakan sedang menyelidiki insiden tersebut.

Serangan terhadap konvoi tersebut terjadi setelah IDF memberi waktu 24 jam kepada warga Palestina untuk meninggalkan Gaza utara menjelang rencana serangan darat Israel ke Gaza.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *