8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Tak Berkategori

Losergeek.org.CO, Jakarta – Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seseorang untuk menjaga kekuatan dan kesehatan jantung, salah satunya melalui pola makan. Ketika seseorang rutin menjaga pola makannya maka ia akan mengurangi risiko untuk terkena penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, atau risiko diabetes.

Berikut merupakan rekomendasi makanan sehat yang potensial menjagak kesehatan jantung:

1. Salmon dan Tuna

Ikan yang termasuk ke dalam makanan laut ini dianggap sebagai hewan yang memiliki omega-3 tinggi. Melansir Webmd, omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan irama jantung dan menurunkan tekanan darah. Sementara, ikan tuna putih memiliki lebih banyak omega-3 daripada jenis tuna lainnya. 

2. Tahu

Salah satu produk dari kedelai, yaitu tahu dapat menjadi makanan yang aman dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Tahu termasuk ke dalam bentuk protein kedelai vegetarian yang mengandung serat, mineral, dan lemak tak jenuh untuk menyehatkan jantung. Tahu dapat dikonsumsi dengan cara direbus, panggan, ataupun tumis. Selain itu, dapat ditambahkan ke sup agar menambah protein. 

3. Yoghurt

Orang yang ingin merawat kesehatan jantung dapat memakan yoghurt rendah lemak. Salah satu olahan yang terbuat dari susu ini mengandung banyak kalsium dan potasium tinggi. Jika rajin mengonsumsinya, yoghurt dapat meminimalkan lemak dan meningkatkan kalsium di dalam tubuh. 

4. Biji-Bijian

Jenis biji-bijian yang dapat dikonsumsi untuk menyehatkan jantung, yaitu beras merah, jelai, gandum, dan soba. Mengutip Mayo Clinic, biji-bijian telah dikenal sebagai sumber serat dan nutrisi lain yang baik berperan dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Biji-bijian tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk oatmeal, pasta gandum, roti gandum, dan seral. 

Iklan

5. Bluberi

Salah satu buah yang dapat dimakan untuk kesehatan jantung adalah bluberi. Bluberi memiliki antioksidan dan antosianin yang membantu melancarkan pembuluh darah. Buah ini juga memiliki serat yang tinggi. Bluberi dapat dikonsumsi langsung ataupun menjadi campuran dalam sereal, yoghurt, atau panekuk.

6. Sayur-Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Sayuran yang berwarna hijau gelap dikenal penuh dengan mineral dan vitamin. Lalu, sayuran ini juga membantu untuk membuka pembuluh darah agar oksigen dapat mencapai jantung. Sayuran yang bisa dikonsumsi, yaitu sawi hijau, bayam, selada, dan bok choy.

7. Rempah-rempah

Ketika ingin menjaga kesehatan jantung, seseorang lebih baik mengurangi pemakaian garam dan lemak dalam masakannya. Rempah-rempah dapat menjadi alternatif sebagai bumbu dan penyedap. Bumbu masakan yang satu ini dianggap menjadi pilihan tepat dan sehat untuk jantung. 

8. Kacang-Kacangan

Edamame dapat menjadi salah satu cemilan sehat untuk merawat jantung. Kacang ini terkenal sebagai hidangan pembuka di restoran Asia. Sebab, edamame memiliki protein untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, edamame juga mengandung serat yang salah satunya bisa difungsikan memelihara kesehatan jantung. 

Pilihan editor: Penelitian Ungkap Manfaat Stroberi Buat Kesehatan Jantung dan Otak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *