Dinilai Bermanfaat untuk Masyarakat, QRIS Sabet Penghargaan Internasional

Tak Berkategori

Jumat, 4 Agustus 2023 – 09:26 WIB

Jakarta – Quick Response Code Indonesian Standard? (QRIS) meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 oleh OpenGov Asia. Penghargaan itu diperoleh karena QRIS dinilai telah berdampak pada transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga :

Benahi Problem Lingkungan, Kolaborasi Kelola Sampah dan Limbah Beri Manfaat Berlimpah

Kepala Departemen Komunikasi, Erwin Haryono mengatakan, per 31 Juni 2023 QRIS telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4 persen. Dari jumlah itu adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Organisasi internasional OpenGov Asia menilai QRIS telah berdampak pada transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat. QRIS dipandang sebagai powerful tool yang dapat mendukung digitalisasi dan integrasi regional,” kata Erwin dalam keterangan Jumat, 4 Agustus 2023.

Baca Juga :

Buka Peluang Usaha, Warga di Sidoarjo Ikuti Pelatihan Pengelasan

Pedagang penggguna QRIS.

Erwin menuturkan, Indonesia Recognition of Excellence 2023 merupakan penghargaan yang mengapresiasi lembaga dan organisasi sektor publik atau swasta, yang telah mencapai keunggulan dalam menggunakan Information and Communication Technology (ICT) untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Baca Juga :

Profil Ahn Bo Hyun, Aktor Ganteng yang Jadi Pacar Jisoo BLACKPINK

Lebih lanjut, dia menjelaskan, QRIS merupakan sebagai bagian dari Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025. Di mana QRIS diluncurkan oleh BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

“Dalam perkembangannya, QRIS telah memiliki berbagai fitur yang semakin memudahkan pengguna dan pedagang/merchant, antara lain QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM) (2020), QRIS Consumer Presented Mode (CPM) (2021), dan QRIS Antar Negara (2022),” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Adapun jumlah transaksi QRIS sepanjang 2022 tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi, atau tumbuh sebesar 86 persen year on year (yoy).

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *