HUT RI ke-78, BI Hadiahkan QRIS untuk Tarik Tunai, Transfer hingga Setor

Tak Berkategori

Kamis, 17 Agustus 2023 – 09:41 WIB

Jakarta – Bank Indonesia (BI) meluncurkan, fitur baru pada Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke-78. Fitur baru yang diluncurkan yakni QRIS Tuntas (Tarik Tunai, Transfer, Setor Tunai). 

Baca Juga :

Lilly Indriani dari Papua Pegunungan jadi Pembawa Bendera Merah Putih di HUT RI ke-78 di Istana

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dengan QRIS Tuntas ini, masyarakat kini bisa melakukan tarik, transfer, dan setor tunai melalui QRIS. Sehingga masyarakat sudah bisa melakukan tarik hingga setor tunai melalui QRIS. 

“BI hari ini meluncurkan standar fitur baru QRIS Tuntas. Dan juga implementasinya QRIS Tuntas bagi PJP (Penyedia Jasa Pembayaran) yang telah siap kembangkan fitur ini dimuali secepat-cepatnya 1 September 2023 dan paling lambat 30 November 2023, tergantung kesiapan masing-masing lembaganya,” kata Perry di Kantor Bank Indonesia, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023.

Baca Juga :

Pakai Baju Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat, Jokowi Sapa Warga di HUT RI ke-78

HUT RI ke-78, BI luncurkan QRIS Tuntas.

HUT RI ke-78, BI luncurkan QRIS Tuntas.

Perry menuturkan, peluncuran QRIS Tuntas ini telah dilakukan dengan berbagai tahapan uji coba antara BI dan industri. Dalam hal ini terdapat 16 peserta jasa pembayaran dan penyelenggara infrastruktur pembayaran. 

Baca Juga :

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Menag Gagah Pakai Busana Adat Jawa

“Peserta uji coba adalah yang ada di sini 16 penyedia jasa pembayaran dan penyelenggara infrastruktur pembayaran, yang diharapkan menjadi penggerak,” jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Bank Indonesia bakal merilis fitur baru QRIS pada Agustus 2023 mendatang. Lewat fitur baru itu, nantinya bisa mengakomodir transaksi yang dilakukan seperti transfer, tarik tunai, dan setor tunai.

Halaman Selanjutnya

Deputi Gubernur BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, fitur baru itu akan bernama QRIS Tuntas. Menurutnya, fitur QRIS ini sudah dipersiapkan sejak tahun 2021 dan pada tahun 2022 sudah dilakukan soft launching oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo di Bali.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *